AD (728x60)

Top Slider

Carousel

Kamis, 13 April 2017

Cara Membuat Filter Air untuk Rumah Tangga Sederhana

Share & Comment
Untuk mendapatkan air bersih dan sehat, biasanya cara membuat filter air untuk rumah tangga akan ditempuh. Cara ini dinilai sederhana dan murah untuk mendapatkan air yang sehat dan memenuhi kebutuhan air untuk seluruh anggota keluarga. Sebagaimana diketahui, air merupakan kebutuhan vital yang sudah pasti akan banyak dicari oleh manusia.



Sayangnya, air merupakan zat pelarut yang baik dan bisa jadi melarutkan bakteri-bakteri dan endapan yang sangat berbahaya bagi tubuh. Jika ini dikonsumsi dalam jangka waktu lama, maka dikhawatirkan akan terjadi gangguan kesehatan pada manusia. Bagaimana menghindarinya? Cara murahnya tentu dengan membuat penyaring air sendiri.

Nah, kali ini, kami akan mengajak Anda untuk melihat secara sederhana pembuatan penyaring air untuk diminum (dikonsumsi), atau sebagai bahan untuk mandi. Anda bisa menerapkannya pada media yang kecil maupun besar. Namun, untuk mempermudah penjelasannya, kami sajikan cara mudah membuat penyaring air dengan metode yang sederhana dari bagian yang kecil.

Pertama, persiapan alat dan bahan
Alat dan bahan yang harus Anda persiapkan dalam demo filter air ini adalah botol plastik 1, pasir, kerikil, kain kasa, kain dari pakaian atau bandana biasa, arang, dan satu buah wadah dengan mulut yang besar untuk menampung hasil dari air yang telah disaring. Anda bisa memilih mangkuk, gelas, maupun botol plastik. Selanjutnya siapkan juga air yang ingin Anda uji cobakan.

Kedua, potong botol plastik
Percobaan ini sederhana dengan menggunakan botol plastik. Pertama, potong botol plastik menjadi 2 bagian (porsi 1/3 untuk bagian bawah botol dan 2/3 untuk bagian corong atau mulut). Ambil bagian yang ada corongnya (mulut botol). Tetap pasang tutup botol tapi lubangi sekitar 1,2 cm.

Ketiga, masukkan kasa
Lanjutkan dengan memasukkan kasa ke dalam botol yang telah dipilih. Pastikan bahwa kasa sudah menyentuh ujung botol (mulut) tetapi tidak keluar dari botol tersebut. Rapatkan. Inilah lapisan pertama dalam cara membuat filter air untuk rumah tangga sederhana ini.

Keempat, masukkan arang
Bentuk lapisan kedua dengan arang yang sudah Anda siapkan tadi. Rapatkan posisinya pada botol uji coba (di atas kain kasa). Jika sudah selesai dengan proses lapisan kedua ini, silakan lanjut ke lapisan ketiga.

Kelima, masukkan pasir
Lapisan selanjutnya adalah pasir, pasir ini nanti akan bertugas menyaring air.

Keenam, masukkan kerikil
Lapisan selanjutnya adalah lapisan kerikil dan disusul dengan lapisan pasir dan kerikil lagi. Artinya, lapisan pasir dan kerikil terlihat melapisi botol sebanyak 2 kali secara bergantian.

Ketujuh, pakai kain untuk menutup
Tutuplah bagian paling atas dari botol dengan kain yang sudah Anda siapkan. Kain akan memperlambat laju air dan akan menjadi penyaring pertama bagi air saat dituangkan.

Kedelapan, proses penyaringan
Tuangkan air melalui kain dan siapkan wadah di bagian bawah (dekat dengan mulut botol plastik). Air akan tersaring dengan baik. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara ini tidak menjamin air akan bebas dari bakteri.

Cara membuat filter air untuk rumah tangga di atas selain akan memakan waktu juga tidak bisa menjamin kualitas air yang dihasilkan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan Nicofilter yang sudah terbukti bisa menghasilkan air yang sehat dan bersih karena menggunakan teknologi reverse osmosis.
Tags:

Dokter Pemanas Air

Dokter Pemanas Air adalah anak perusahaan dari Alharsun Indo yang fokus pada layanan jasa service, perawatan, instalasi Filter Air, dan pemanas air brand ternama di dunia seperti solahart, handal, wika swh, envirosun, edwards dan honeywell.

 

Popular Content

Recent Posts

Copyright © Service Filter Air Yamaha | Dokter Pemanas Air | Designed by Templateism.com | Customizd by Pahmi Ritonga